Menu
Home | Gallery | Interview | Classified ad | Login | Registration | Users(1) | Chat(1) | Others
Blog
Date:14-Sep-10 16:34
Genre
Tips
Title
Soto babat kuah santan


Context
Dari zaman dahulu kala (waaduh!)
maksudnya dari aku masih anak-anak
hingga kini sudah beranak-anak (hehe)
menu hari raya yang nggak pernah
ketinggalan tuh adalah soto babat kuah
santan. Emang kalau di kota bikin soto
babat gampang karena biasanya di
supermarket tersedia babat (beef tripe)
yang sudah bersih. Tapi kalau gak bisa
ngedapetin babat yang bersih ya terpaksa
beli babat yang orisinil alias masih
berwarna. Babat itu kan kantong
makanannya sapi atau kerbau. Jadi bisa
kebayang kan gimana wujudnya.
Ngebersihinnya susah banget. Tapi jangan
kuatir, aku bagi trik-nya ya biar bisa
dapetin babat yang putih bersih.
Caranya, olesi bagian babat yang berwarna
dengan kapur sirih. Diamkan sebentar.
Sebagian orang membersihkan babat
dengan cara merebusnya, tapi ternyata
mengolesinya dengan kapur sirih lebih
efektif. Setelah didiamkan sebentar tinggal
di kerik dengan pisau copot deh warna
kehitamannya. Cuci bersih lalu rebus. Kalau
dibersihkan pakai kapur babatnya juga jadi
lebih cepat lunak. Setelah lunak potong-
potong bentuk dadu maka siap deh untuk
dibuatkan kuah soto.

Resep soto babat kuah santan gampang
kok
Bahan:
750 g babat sapi yang sudah bersih
3 sdm minyak sayur
1 inchi kunyit, bakar memarkan
2 inchi jahe, bakar sebentar memarkan
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
2 batang daun bawang, potong kasar
2 liter air
200 ml santan kental (Kara)
Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica butiran, sangrai
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt garam
Pelengkap:
6 bh Ketupat
3 sdm bawang merah goreng
sambal rawit
seledri dan daun bawang
tomat
emping

Cara membuat:
Rebus babat dengan air secukupnya
bersama daun salam dan serai hingga
babat hampir lunak. Angkat babat, buang
airnya. Potong-potong babat 3x2 cm.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus,
daun jeruk dan serai hingga harum.
Tambahkan daun bawang, aduk rata.
Angkat.
Taruh dalam panci, tuangi air, masukkan
babat.
Rebus dengan api kecil hingga babat lunak
dan bumbu meresap.
Tuang santan, masukan jahe dan kunyit
bakar, aduk rata sampai mendidih.
Angkat.

Penyajian:
Taruh ketupat di mangkuk saji, tuangi
babat bersama kuahnya.
Taburi bawang merah goreng, seledri dan
daun bawang serta irisan tomat
.
Sajikan panas dengan sambal rawit dan
emping.


Gampangkan?. Oya, kunyitnya emang ada
yang dihaluskan dan dimemarkan. Dibakar
dulu supaya warnanya jadi lebih cantik.
Dan jahe dibakar lalu dimemarkan supaya
kuah santannya jadi lebih wangiii.
Jangan takut kolesterol langsung naek ya,
asal jangan sepanci diembat sendiri aja.
Siapin minuman es jeruk nipis untuk
menetralisirnya.


Tapi dengar2, lebaran tahun ini gak ada
soto babat dirumah keluarga. Pasti karena
gak sempat beli babat bersih di kota dan
gak ada sukarelawan yang mau bersihin
babatnya. Abis emang bikin kuku jadi gak
cantik sih kalo ga tau triknya. Kalau aku sih
setelah membersihkan babat cuci bersih
tangan dan kuku dengan air hangat, sabun
dan baby oil. Sudah bersih biasanya tangan
jadi keriput karena kapur sirih, olesi dengan
hand n body lotion. Dijamin esok hari raya
gak malu2in deh buat salam-salaman.

Share
Comments permit
Anyone
Author:
asa
Comments
8 comment(s) will displayed when Login
Top 
Visit our Sponsor
= MobineSSia 2.z i =