Menu
Home | Gallery | Interview | Classified ad | Login | Registration | Users(1) | Chat(1) | Others
Blog
Date:04-Jul-10 10:24
Genre
Tips
Title
mengurus pindah sekolah


Context
Alhamdulillah, Tara berhasil lulus tes masuk SMPN 1 Koba Bangka Tengah, Bangka belitung. Bersyukur banget, pasalnya biar pun itu sekolah di pelosok tapi masuk kesana emang rada susah. Kepala sekolahnya terlalu kaku nerapin peraturan mentang-mentang sekolahnya RSBI. Tapi ya emang gak salah sih, moga-moga emang pak Kep-sek nya jujur. Dari sembilan siswa pindahan yang ikut tes masuk cuma 2 orang yang lulus termasuk Tara my lil dough dengan nilai tertinggi. Thanks God.

Pindah sekolah jaman sekarang gak semudah dulu tapi juga gak rumit-rumit amat sih. Kalo mau pindah atau mutasi, ini berkas-berkas yang diperlukan :
1. Photo copy ijazah yang dilegalisir
2. Photo copy SKHUN yang dilegalisir
3. Photo copy nilai raport terakhir yg dilegalisir
4. Surat keterangan pindah dari sekolah asal
5. Surat keterangan diterima dari sekolah yang dituju
6. Surat permohonan dari orang tua
7. Surat dari dinas pendidikan Kab/Kota bila pindah antar Kab/Kota
8. Surat dari dinas pendidikan Provinsi bila pindah antar provinsi
Info ini ku dapet dari surat edaran dinas pendidikan Kabupaten yang ditujukan ke kepala sekolah SMP, SMA, SMK Negeri dan Swasta se-kabupaten tentang syarat-syarat penerimaan siswa pindahan.

Banyak ya? Iya. Jadi langkah pertama orang tuanya lebih dulu datengin sekolah yang dituju, ajuin permohonan pindah secara tertulis. Biasanya pihak sekolah liat posisi kelas yang dituju dulu, masih ada lowongan ato nggak. Terus liat nilai ijazah sama SKHUN si anak, menuhin standar sekolah ato nggak. Kalo sudah oke baru dia kasih surat persetujuan menerima si anak di sekolah mereka. Kok mesti ke sekolah yang dituju lebih dulu? Karena sekolah asal nggak mau memproses mutasi siswa kalo belum ada sekolah yang bakal nerima untuk mencegah siswa terkatung-katung, soalnya kalo surat mutasi sudah dikeluarkan maka siswa gak bisa balik lagi ke sekolah asal.

Langkah kedua setelah dapet surat persetujuan, bawa itu surat ke sekolah asal, kasitau kalo si anak mau mutasi sekolah. Ntar pihak sekolah bakal ngasih surat rujukan yang bakal kita bawa ke dinas pendidikan kabupaten. Di raport siswa dikasih keterangan pindah yang ditanda tangani kepala sekolah. Beres disini, silahkan berangkat ke kantor dinas pendidikan Kab/Kota. Enak kalo ada yang kenal, kalo gak ada tanya aja ato cari ruangan bagian pengurusan sekolah menengah kalo siswa SMP atau SMA, bagian sekolah dasar kalo siswa SD yang mau pindah . Tanya disitu mesti ngadep siapa kalo mau urus mutasi siswa. Mereka nanti yang bakal ngasih berkas yang kita butuhkan. Berhubung sistem pendidikan kita sekarang udah komputerisasi biasanya penting banget minta surat tanda bukti pengajuan mutasi siswa yang didalemnya memuat data siswa, data mutasi siswa dan kode validasi. Kode validasi ini menjadi bukti transaksi ke sistem Data Pokok Kependidikan Nasional.

Aturannya kalo pindah antar provinsi kan mesti minta surat dari dindik provinsi, tapi sebaiknya tanya dulu kesekolah tujuan, apa harus banget ada atau boleh nggak, karena ada juga sekolah yang nggak ngotot minta surat dari dindik provinsi yang penting sudah ada surat yang berisi kode validasi tadi. Maklum sih, karena kadang agak susah ngurus surat ke provinsi biasanya kendala jarak yang jauh. Jadi mereka kasih dispensasi lah, gitu.

Nah, kalo sudah lengkap semua berkas tinggal nyamperin sekolah yang dituju deh. Nggak rumit kan? Berdasarkan pengalaman ku sih nggak rumit tuh, semua yang ku temui cukup kooperatif. Emang kalo di Dindik biasanya nggak selalu langsung kelar hari itu juga karena kadang Kasi yang berhak nanda tangan suka gak ada ditempat. Dan soal biaya rasanya cuma keluar biaya diongkos doank tuh. Emank sih waktu ngurus berkas Nka sempet ngasih uang rokok tapi itu lebih karena rasa terima kasih dan tersentuh soalnya TU-nya adalah TU jaman aku sekolah dulu, 20 tahun yang lalu, brur.

Legaaa, walau pun urusan berkas Tara belum bisa dibilang beres. Karena emang baru langkah pertama yang dijalanin. Untungnya ada pamannya di Lampung yang bisa bantu urus di sekolah. Ada teman SMA ku di Dindik yang bisa bantu urusan dinas. Tinggal masalah waktu. Urusan kirim berkas. Soalnya kiriman pos suka lama antara Koba-Lampung. Jasa pengiriman yang laen kurang efektif di kota asalku, soalnya emang rada jauh dari kota. Tapi mudah-mudahan Pos Indonesia tercinta bisa diandalkan.

Share
Comments permit
Anyone
Author:
asa

Comments
2 comment(s) will displayed when Login
Top 
= MobineSSia 2.z i =